Thursday, April 26, 2018

Inilah Dia Ragam Cara Tes Alergi



Alergi bukanlah suatu gangguan kesehatan yang dapat dipandang sebelah mata. Demi membuat aktivitas sehari-hari menjadi nyaman, maka penting sekali setiap orang yang memiliki alergi harus menjauhi alergennya. Namun, tahukah Anda apa yang menjadi alergen Anda? Atau Anda masih ragu-ragu terhadap apa yang menjadi penyebab alergi Anda? Itulah mengapa terdapat layanan tes alergi diberbagai tempat seperti klinik, rumah sakit, laboratorium, dan balai kesehatan. Pengecekan alergi digunakan untuk lebih mendapatkan hasil yang akurat mengenai kepastian adanya suatu jenis substansi yang menjadi alergen. Misalnya saja untuk Anda yang ragu terhadap alergen makanan laut, maka penting sekali melakukan pengetesan agar didapatkan hasil apakah Anda benar-benar tidak bisa mengkonsumsi makanan laut atau tidak. Selain itu, berbagai manfaat tes alergi juga sangat nyata dirasakan terutama agar Anda lebih sadar terhadap apa yang menjadi penyebab alergi Anda. Jika Anda tertarik untuk tes alergi, ketahuilah terlebih dahulu ragam cara tes alergi yang ada saat ini.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengetahui suatu jenis alergi. Ragam cara tes alergi yang dimaksud tentu saja memerlukan tenaga ahli agar bisa mendaptkan hasil yang akurat dan mendapatkan penanganan yang tepat. Untuk Anda yang belum tahu apa saja ragam cara pengetesan alergi, inilah dia penjelasannya:

  • ·       Skin Prick Test

Skin Prick Test merupakan motode tes alergi yang populer dikalangan masyarakat. Metode ini sering juga disebut sebagai metode tusuk jarum. Hal ini lantaran metode pengetesan alergi ini dilakukan dengan menempelkan, mengolesi atau memasukan suatu zat yang dicurigai sebagai alergen dirinya dan ditusukkan dengan suatu jenis alat yang steril. Metode ini biasanya dilakukan pada lengan agar mudah diamati hasilnya. Jika positif, maka akan terjadi perubahan pada lengan yang dilakukan pengujian yaitu berupa kulit yang memereah dan membengkak. Namun jika alergen yang dicurigai tadi tidak memberikan dampak apapun pada kulit, maka bisa disimpulkan suatu zat tersebut bukanlah alergen dirinya. Metode Skin Prick Test ini sangatlah umum dilakukan karena murah dan mudah. Namun, tidak semua jenis alergen dapat dilakukan dengan metode ini.

  • ·         Patch Testing

Patch testing merupakan metode penempelan suatu zat yang dicurigai sebagai alergen ke kulit bagian punggung. Pemilihan area punggung dipilih karena lebih memang metode ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Penempelan suatu zat yang dicurigai alergen dilakukan selama puluhan jam atau setidaknya dua hari. Jika terjadi perubahan seperti kulit yang membengkak, maka zat tersebut positif sebagai alergennya. Metode yang satu ini juga cenderung sangat murah sehingga tidak memberatkan bagi siapapun yang mencobanya. Namun, metode ini jarang dipilih lantaran membutuhkan waktu yang terlalu lama dan tidak langsung mendapatkan hasil akurat ketika masih berada disamping tenaga medis.

  • ·      Cek darah

Terdapat lagi metode tes alergi lainnya yaitu cek darah. Penderita alergi akan diambil sampel darahnya dan dicek menggunakan teknologi yang lebih modern. Alat bernama Radioallergosorben Test atau biasa disingkat RAST akan lebih memberikan hasil pengetesan yang akurat dengan melihat kadar IgE atau imuglobin. Pengetasan alergi dengan metode ini tidak bisa dilakukan disembarang tempat karena tidak semua fasilitas kesehatan memiliki alat canggih ini. Namun, beberapa laboratorium kesehatan dan rumah sakit bisa Anda kunjungi untuk bisa melakukan pengecekan alergi dengan metode ini sehingga akan didapatkan hasil yang lebih rinci dan akurat. Pengetesan menggunakan metode cek darah ini umumnya dilakukan setelah melakukan tes alergi menggunakan tusuk jarum atau skin prick test. Jika metode tersebut tidak memberikan hasil yang memuaskan, barulah dilakukan cek darah. Selain itu, beberapa jenis alergi seperti alergi terharap paracetamol memang akan lebih cocok dites menggunakan cara cek darah menggunakan alat bernama RAST.

Selain mengetahui ragam jenis metode tes alergi, perlu juga diketahui beberapa penting lainnya. Pertama, ketika akan melakukan tes alergi dengan metode apapun maka Anda dilarang untuk mengkonsumsi obat anti alergi atau antihistamin. Tujuannya tentu saja agar tes alergi bisa didapatkan hasil yang akurat. Jika sebelumnya mengkonsumsi obat antihistamin, maka sudah pasti hasilnya akan negatif. Yang kedua, lakukan pengecekan bersama dokter atau tenaga medis yang ahli. Selain agar bisa mendapatkan hasil yang akurat dan metode yang benar, penting juga mendapatkan tenaga medis yang ahli agar bisa menangani reaksi alergi yang muncul jika alergen yang dicurigai hasilnya positif. Reaksi alergi yang muncul harus ditangani dengan baik dan cepat agar Anda tidak menderita hanya karena tes alergi.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai cara tes alergi yang ada saat ini. Mengingat adanya manfaat tes alergi yang dapat dirasakan, maka memang sebaiknya Anda melalukan tes alergi untuk memastikan alergen yang telah dicurigai.



Bagikan

Jangan lewatkan

Inilah Dia Ragam Cara Tes Alergi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.