Monday, July 17, 2017

5 Syarat Utama Mengajukan Kredit Rumah Murah untuk Pekerja Lepas



Pada tahun 2017, program kredit rumah murah mulai dicanangkan oleh pemerintah. Tepatnya pasca masa transisi gubernur DKI. Apakah itu berlaku untuk semua lapisan masyarakat? Betul. Bagi Anda yang kini belum memiliki pekerjaan tetap atau freelance pun turut berkesempatan untuk melamar di program rumah murah tanpa DP ini. Apa saja syarat utama yang perlu diperhatikan?

      1.      Status Kepegawaian
Status kepegawaian di sini berfungsi sebagai jaminan pembayaran. Meskipun program kredit rumah murah tanpa DP mempermudah urusan Anda untuk memiliki sebuah rumah, tetapi dari segi pembayaran sisanya tentu masih Anda yang tanggung. Tentunya ini bukan program 100% gratis. Sangat penting Anda pahami ini sejak awal.

      2.      Periksa Anggaran Pribadi
Kebutuhan ekonomi pekerja lepas yang telah berkeluarga tentu tak sedikit. Banyak hal-hal yang perlu dipenuhi, seperti biaya hidup, biaya listrik, biaya pajak, dan lain-lain. Semua itu berimbas pada pengurangan angka penghasilan sebagai pekerja lepas. Jadi, sebaiknya Anda menabung demi kelancaran program kredit rumah murah ini.

      3.      Tahu Pihak Penanggung Jawab Program
Pihak mana saja yang menyediakan program kredit rumah murah untuk pekerja lepas? Tentu Anda harus tahu ini lebih dulu dong. Mereka adalah Perumnas dan BTN. Sejak Februari 2017 lalu, mereka meluncurkan Kredit Pemilikan Rumah atau KPR dengan skema pembiayaan secara mikro. Tentu saja hal tersebut akan membuat Anda semakin semringah meski minim isi kantong.

      4.      Berpenghasilan Rata-Rata
Program ini hanya berlaku untuk Anda (pekerja lepas) yang punya penghasilan pada kisaran Rp. 1.800.000 – Rp. 2.800.000. Di atas itu, tentu Anda tidak bisa masuk hitungan. Ini adalah salah satu standar yang ditetapkan oleh pihak BTN.

      5.      Kewarganegaraan Indonesia
Hal terakhir ini menjadi syarat wajib dan utama dalam mengajukan program kredit rumah murah. Bagi WNA yang belum memiliki KTP Indonesia, tentu tidak bisa menikmati program ini, meskipun sudah tinggal di Jakarta selama bertahun-tahun, misalnya.

Kemudahan demi kemudahan yang ditawarkan oleh pemerintah seyogyanya kita aplikasikan dengan baik. Memahami standar syarat dan ketentuan yang berlaku merupakan hal pokok ketika ingin mencapai kesejahteraan lewat jalur ini. Untuk itu, penting sebelum Anda mengambil program kredit rumah murah ini agar lebih dulu dikonsultasikan pada pihak-pihak terkait agar segalanya berjalan dengan lancar.

Bagikan

Jangan lewatkan

5 Syarat Utama Mengajukan Kredit Rumah Murah untuk Pekerja Lepas
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.