Tuesday, June 27, 2017

Hal-Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Mengajukan Pinjaman Tanpa Agunan



Pinjaman tanpa agunan adalah solusi kredit terbaik bagi mereka yang memerlukan uang dalam waktu singkat namun tidak memiliki rumah, mobil, tanah, atau sertifikat lainnya yang bisa dijadikan sebagai jaminan. Keuntungan yang ditawarkan oleh pinjaman tanpa agunan ini tentu saja membuatnya banyak dicari oleh nasabah bank, terutama mereka yang berprofesi sebagai karyawan tetap namun belum memiliki rumah atau mobil.

Untuk bisa mendapatkan pinjaman ini, Anda harus memenuhi syarat-syarat yang diajukan oleh bank, yang mana syarat tersebut berbeda antara bank satu dengan yang lainnya. sebelum mengajukan pinjaman tanpa agunan, ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut ini.

Jumlah Pinjaman yang Ditawarkan Terbatas

Karena tidak meminta jaminan, maka kelemahan pinjaman yang satu ini adalah terbatasnya jumlah kredit. Setiap bank memiliki batasan yang berbeda untuk jumlah maksimal kredit yang diberikan. Pada umumnya, batas maksimalnya adalah 100 juta rupiah namun ada juga bank yang memberikan pinjaman sebesar 200 juta rupiah. Jumlah ini tentu saja jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan pinjaman beragunan. Jadi, hal ini perlu Anda ketahui jika akan mengajukan pinjaman tanpa agunan.

Besarnya Gaji Bulanan Mempengaruhi Jumlah Uang yang Bisa Dipinjam

Nah, meskipun bank memberikan batasan maksimal jumlah kredit yang diberikan Anda tidak bisa memilih jumlah maksimal tersebut sesuka hati. Misalkan bank memberikan batasan maksimal 100 juta untuk pinjaman, Anda tidak bisa memilih 100 juta tersebut begitu saja. Anda perlu memperhatikan besarnya gaji bulanan.

Ada bank yang memberikan kredit tanpa agunan kepada nasabahnya dengan jumlah maksimal lima kali gaji sehingga jika Anda memiliki gaji 5 juta rupiah per bulannya, maka jumlah maksimal yang boleh Anda pinjam adalah 25 juta rupiah. Namun hal ini tentu saja bergantung pada kebijakan masing-masing bank.

Cicilan Tidak Boleh Melebihi 30 Persen Gaji Bulanan

Dalam menentukan besarnya pinjaman, bank berpedoman pada gaji Anda. Hal tersebut untuk mengevaluasi kemampuan finansial Anda. Pada umumnya, jumlah cicilan per bulan tidak boleh melebihi sepertiga dari gaji Anda. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kemampuan gagal bayar oleh nasabah. Mungkin Anda berpikir akan mengangsur cicilan 50-60 persen dari besarnya gaji dengan harapan untuk melunasinya lebih cepat. Namun bank biasanya tidak mau ambil risiko sehingga hal ini juga penting untuk Anda pertimbangkan.

Bunga Cicilan Relatif Lebih Tinggi daripada Kredit yang Lainnya

Perlu diketahui bahwa bunga angsuran pinjaman tanpa agunan ini lebih tinggi daripada jenis kredit yang lainnya. Hal ini disebabkan karena bank tidak memiliki jaminan jika Anda tidak mampu membayar cicilan ke depannya sehingga hal tersebut akan dibebankan pada bunga yang harus Anda bayar per bulannya. Berbeda jika Anda meminjam dengan menyertakan sertifikat mobil atau rumah, maka ketika Anda tidak mampu membayar, bank akan menyita rumah atau mobil Anda. Namun untuk pinjaman tanpa agunan, tidak ada mobil atau rumah yang diagunkan, bukan?

Tidak Seperti Investasi, Jangka Waktu Lebih Pendek Lebih Baik

Karena bunganya cukup tinggi, maka sebaiknya Anda memilih jangka waktu yang paling pendek, namun ingat hal ini juga harus disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda. Memang jika dilihat sekilas, bunga angsuran yang ditawarkan untuk jangka waktu panjang lebih sedikit per bulannya dibanding jika Anda memilih jangak waktu pendek. Namun, Anda harus jeli dalam menghitungnya. Semakin lama Anda memilih angsurannya maka semakin besar biaya bunga total yang harus Anda bayarkan sehingga semakin pendek jangka waktu maka akan semakin menguntungkan untuk Anda.

Meskipun bunga per bulannya lebih besar, namun secara total masih lebih rendah dibanding bunga jika Anda mengambil jangka waktu panjang. Ditambah lagi, Anda tidak bisa melunasi angsuran KTA Anda lebih awal karena akan dikenakan biaya penalti. Tentu saja tidak nyaman, bukan? Jadi, semakin cepat semakin baik, bukan?


Dengan kemudahan yang ditawarkan, tak heran jika pinjaman tanpa agunan juga memiliki keterbatasan dibandingkan dengan kredit beragunan. Namun, bagi mereka yang tidak memerlukan pinjaman dalam jumlah besar dan mampu melunasinya dalam waktu singkat dengan bunga yang sudah ditentukan, tentu saja pinjaman tanpa agunan ini bisa menjadi alternatif terbaik. Jika Anda sedang cari pinjaman tanpa agunan, Anda bisa langsung mendatangi kantor PT. Bank DBS terdekat di Jabodetabek. 

Bagikan

Jangan lewatkan

Hal-Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Mengajukan Pinjaman Tanpa Agunan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.