Friday, March 31, 2017

4 Tips dan Inspirasi Taman Hijau di Dalam Rumah


Setiap manusia membutuhkan nuansa hijau yang memberi kesegaran pada lingkungan sekitar. Nuansa hijau disini berartikan tanaman segar setidaknya disetiap sudut seseorang beraktifitas. Selain untuk memberi kesan segar pada sebuah lingkungan, tanaman juga memiliki fungsi tambahan yakni memperlancar sirkulasi udara dan menjamin kesehatan udara yang dihirup oleh manusia dan makhluk hidup lainnya.
Banyak orang yang berpendapat bahwa sekedar memiliki tanaman hijau di pekarangan atau di luar rumah saja sudah cukup, namun sebenarnya tidak. Tanaman hijau juga diperlukan di bagian dalam rumah seperti sudut antara dapur dan meja makan serta ruang tamu dan ruang keluarga. Mungkin Anda akan berpikir betapa ribet dan mahalnya untuk memiliki tanaman hijau di dalam rumah. Artikel di bawah ini akan menjawab segala pertanyaan dan kerisauan Anda. Cermati tips dan inspirasi untuk memiliki ‘taman’ hijau di dalam rumah Anda yang bisa dibuat oleh tangan sendiri dengan mudah dan harga yang tentunya terjangkau!

1.    Pot Unik dari Semen yang Mengering
Semen yang mongering? Bagaimana caranya? Ternyata cukup mudah. Anda tinggal menuang semen yang masih basah ke cetakan bentuk apapun, bisa berbentuk lingkaran, oval, atau persegi. Pastikan Anda melubangi cetakan semen dengan lubang kecil-kecil berjumlah banyak agar nantinya pot bisa disiram dengan baik. Kalau semen sudah mengering, Anda bisa menghiasnya dengan cat warna-warni bermotif atau memberi tempelan sesuka Anda. Apabila Anda ingin membuat pot semen tanpa bantuan tukang, Anda harus mengetahui harga semen terbaru di tahun 2017 agar nanti saat akan membeli, Anda bisa menawar dengan harga yang rasional.

2.    Pot dari Toples Tak Terpakai
Apabila Anda memiliki toples yang tak lagi terpakai atau yang biasa disebut dengan Mason Jar, Anda bisa ‘menyulap’ toples tersebut untuk menjadi rumah bagi tanaman hijau Anda. Mason Jar adalah wadah yang baik untuk menanam tanaman hijau berukuran keci, terutama di dalam ruangan. Hal ini dikarenakan oleh bentuknya yang kurus memanjang, dan badannya yang memiliki lubang di bagian leher sehingga memberi ruang untuk bernafas bagi tanaman mini yang Anda miliki. Anda juga bisa mengkreasikan Mason Jar Anda dengan mengecatnya atau menggantungnya di dinding. Hal ini efektif terutama untuk Anda yang memiliki anak kecil di rumah sehingga takut pot Anda pecah. Cara untuk menggantung pot Mason Jar di dinding rumah cukup mudah. Anda hanya membutuhkan plang kayu yang telah diukur agar bisa menahan pot-pot Anda, gantungan besi, paku, dan palu.

3.    Pot Gantung
Kehabisan tempat untuk menempatkan pot secara horizontal? Akali dengan cara menggantung pot di langit-langit rumah menggunakan tali yang sangat kuat dan pot yang ringan namun tidak mudah pecah dan jatuh bila tersenggol. Disarankan untuk menggunakan tali tambang karena kualitasnya yang bagus, kuat, harga terjangkau, dan mudah ditemukan dimana-mana. Apabila Anda memilih untuk menggantung pot di langit-langit ruangan, ada baiknya Anda menggunakan jasa tukang bangunan agar tidak salah dan menyesal dikemudian hari.

4.    Pot Tangga

Percantik bagian dalam rumah Anda dengan menjejerkan pot-pot kecil di atas tangga mini yang apik. Tangga mini bisa Anda beli di supermarket bagian peralatan rumah tangga. Terdapat banyak variasi tangga mini yang tersedia, ada yang terbuat dari kayu, besi, maupun plastic. Pilihlah tangga mini sesuai selera Anda dan jejerkan pot mini berisi tanaman hijau sesuai sisi kreatif Anda.

Bagikan

Jangan lewatkan

4 Tips dan Inspirasi Taman Hijau di Dalam Rumah
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.