Monday, December 5, 2016

Sambut Hari Raya Natal Dengan Ziarah ke-8 Tempat Wisata Religi Ini


Menyambut Hari Raya Natal, sebagian umat Kristiani dan umat Katolik pada khususnya, kerap melakukan ziarah religi, baik dengan tujuan mendalami keimanan, mencari petunjuk spiritual, pengucapan syukur, atau mengajukan permohonan kepada Tuhan dalam cara khusus, yang mengambil momen Natal.
Ada banyak tempat ziarah umat Kristiani dan Katolik di seluruh dunia, termasuk juga di tanah air, yang diyakini memiliki kekuatan spiritual alias mukjizat. Misalnya penampakan Bunda Suci Maria, atau tempat-tempat yang berkaitan dengan kisah dan kejadian dalam Alkitab.

Berikut ini adalah beberapa tempat ziarah favorit bagi para pengikut Yesus Kristus yang berlokasi di Indonesia,

1.         Gua Maria Bangka Belitung

Lokasi Gua Maria ini berada di daerah perbukitan yang berhawa sejuk, di Jalan Safyri Rahman, Belinyu, Bangka Belitung. Konon, ada seorang pendeta bernama Marcel Arnold yang bermimpi melihat sebuah batu besar berbentuk sosok orang sedang bersimpuh bak berdoa. Lalu pada tahun 1997 dibangunlah monumen patung Bunda Maria di tempat yang sama seperti dalam mimpinya. Baru dua tahun kemudian Gua Maria ini diresmikan sebagai tempat ibadah umat Katolik.

Dalam perkembangannya, dibangun jalan salib dengan 14 titik kejadian yang dialami Yesus, sebagai napak tilas perjalanan Tuhan Yesus, yang ditandai dengan lukisan-lukisan adegannya. Titik terakhir bernama Bukit Golgota, di mana pengunjung akan melihat Yesus disalibkan dan disaksikan oleh Bunda Maria.

Di tempat ini juga terdapat sumber mata air yang diyakini memiliki khasiat kesembuhan dan kesuburan. Para pengunjung yang ingin memiliki anak biasa memohon mukjizatNya di tempat ini.

2.         Gua Maria Karmel Lembang

Gua Maria yang berlokasi di Lembah Karmel, Cipanas, Puncak, ini terkenal akan misa penyembuhan yang digelar dua kali dalam sebulan, yaitu pada minggu kedua dan keempat. Lembah ini dikelilingi pemandangan taman-taman asri nan apik, dengan sebuah patung Yesus yang berdiri megah memberi berkat di tengah-tengah tamannya.

3.      Gua Maria Sendang Sriningsih

Gua ini berlokasi di Desa Gayamharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Gua yang ditemukan pada tahun 1934 ini terkenal dengan air sucinya, yang diyakini berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Lokasi ini dirancang dengan tangga-tangga sepanjang 900 meter, yang menjadikannya juga populer sebagai ritual Jalan Salib.

4.      Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus

Gereja unik seluas 2.5 hektar ini berlokasi di Desa Ganjuran, Bantul, Jowilayan, Yogyakarta. Ada sebuah candi dan gereja bergaya etnik Jawa lengkap dengan ukiran gaya Jaya, dan altar yang berhiaskan malaikat berbaju wayang.

Gereja etnik ini sempat mengalami kehancuran akibat gempa bumi di tahun 2006, namun kini sudah dipulihkan dan berfungsi normal. Dalam area gereja ada sebbuah mata air mengalir yang dianggap suci, juga diyakini bisa menyembuhkan penyakit.

5.       Gua Maria Palasari

Kalau Anda berada di Bali, Anda bisa mengunjugi Gua Maria Palasari, yang dibangun di puncak bukit di sebelah timur Gereja Hati Kudus.

6.   Graha Bunda Maria Annai Velangkani

Salah satu situs ziarah penting di Asia ini merupakan Gereja Katolik di Medan, Sumatera Utara. Bangunannya amat unik sebab mengadopsi gaya arsitektur kuil Hindu yang menyerupai candi.
Namun, Anda juga bisa melihat pengaruh budaya Batak Toba dan Batak Karo mulai dari pintu gerbang utamanya. Gereja megah ini pun memiliki mata air penyembuh yang disucikan oleh masyarakat lokal.

7.    Gua Maria Klaces Nusa Kambangan

Gua Maria ini merupakan gua alami peninggalan jaman Belanda. Patung Bunda Maria yang terdapat dalam gua ini tak lain adalah stalagmite yang berbentuk mirip sosok Bunda Maria.

Anda bisa mencapai gua batu alami ini melalui Pelabuhan Sleko di Cilacap, dengan naik perahu motor mini selama 2 jam, lalu dilanjutkan menyusuri jalan setapak di hutan sepanjang 4 kilometer dari dermaga. Ada kendaraan ojek untuk menuju tempat ini.

8.       Bukit Doa Tomohon Manado

Sebuah tempat wisata religi yang sangat indah. Bukit Doa Tomohon ini dilatari pemandangan Gunung Lokon dan dikelilingi taman hijau yang tertata rapih dan asri. Keberadaannya semakin populer dan semakin sering dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Keindahannya membuat tempat ini selain sebagai wisata religi, juga populer sebagai lokasi pernikahan umat Kristiani dan Katolik yang bernuansa alam. Bukit Doa Tomohon, atau disebut juga sebagai Bukit Kelong dan Bukit Mahawu, mempunyai The Grotto of Mother Mary atau Gua Bunda Maria di atas bukitnya.

Kalau Anda ingin berwisata rohani, Anda juga bisa berjalan kaki menyusuri Jalan Salib Mahawu, dengan 14 titik perhentian yang menandai perjalanan Yesus menuju kayu salib. Anda juga bisa menemukan Chapel bawah tanah berarsitektur unik dan sebuah Amphitheater berbentuk setengah lingkaran mirip Colosseum di Roma.

Obyek wisata religi ini wajib Anda kunjungi ketika berlibur ke Manado. Tentu saja sajian hangat camilan khas Manado yang disantap di tengah-tengah kesejukan dan panorama indah dari atas bukit ini, mampu menutup rangkaian perjalanan spiritual Anda dengan sempurna.


Anda bisa mulai merancang liburan Natal sekaligus akhir tahun ke salah satu kota yang memiliki objek wisata religi ini. Lalu Anda bisa cek harga tiket pesawat ke tempat tujuan melalui travel online. Pastikan Anda tidak melewatkan penawaran promo tiket pesawat murah ke Manado, untuk mendapatkan pengalaman wisata religi yang tak terlupakan.

Bagikan

Jangan lewatkan

Sambut Hari Raya Natal Dengan Ziarah ke-8 Tempat Wisata Religi Ini
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.