Thursday, October 20, 2016

Berbagai Teknik Membuat Batik

Berbagai Teknik Membuat Batik

Batik merupakan kain tradisional yang sudah dikenal hingga ke mancanegara. Desainer asal Indonesia memang kini semakin sering menjadikan batik sebagai bahan dalam pembuatan busana mereka yang ditampilkan hingga kancah internasional. Batik juga saat ini banyak digemari generasi muda karena ragam motifnya yang kian modern dengan sentuhan warna-warna cerah. Harga batik pun bervariasi mulai dari puluhan ribu rupiah hingga batik dengan harga jutaan rupiah yang biasanya dibuat dengan teknik batik tulis. Teknik pembuatan batik juga bermacam-macam, mulai dari teknik tulis, teknik celup, teknik printing, teknik colet, hingga teknik ikat. Bagaimana perbedaan teknik diatas dan ingin tahu lebih detailnya? Silahkan simak penjelasan di bawah ini.
1.       Teknik tulis
Teknik tulis ini biasanya yang paling familiar bagi kalian. Teknik membatik tulis memerlukan kesabaran yang tinggi karena pembuat batik harus membatik pola satu persatu menggunakan canting yang diisi malam. Tak hanya itu saja teknik membatik tulis ini harus melalui serangkaian proses dari awal hingga akhir yang membutuhkan waktu yang sangat lama. Tak heran jika batik dengan teknik tulis ini bisa dihargai hingga ratusan ribu atau bahkan jutaan untuk satu lembar kainnya.
Saat ini pembuat batik tulis semakin sedikit. Kebanyakan batik yang dijual di toko-toko adalah batik cap atau batik printing. Batik tulis bahkan bisa menjadi barang seni yang dijadikan koleksi bagi penyuka kain batik. Untuk kamu penyuka kain batik pastikan harus memiliki kain batik tulis sebagai tambahan koleksimu nantinya.

2.      Teknik celup ikat
Teknik celup ikat biasanya juga seringkali dikenal dengan teknik jumputan. Teknik jumputan ini akan menghasilkan corak batik yang khas pada kain. Biasanya tak banyak corak batik jumputan yang beredar di pasaran. Ketika membuat batik menggunakan teknik ini maka perpaduan warna yang pas adalah hal yang sangat penting karena akan menentukan bagus tidaknya penampilan kain batik nantinya. Cara pembuatan kain batik jumputan ini dengan mengikat sebagian kain lalu dicelupkan dalam cairan pewarna. Setelah itu ikatan tersebut dibuka dan kain yang terikat tadi akan membentuk warna berbeda yang menawan.

3.      Teknik colet
Teknik colet ini biasanya kurang dikenal masyarakat. Cara membatik dengan teknik colet ini dibuat dengan cara melukis. Pembatik dengan teknik ini tinggal mengoleskan pewarna kain di atsa kain mori. Perpaduan warna yang pas akan menentukan hasil akhir batik dengan teknik colet ini. Tak hanya pada kain saja, dengan teknik colet ini kamu juga bisa membuat batik colet pada kaos polos kesayanganmu. Dijamin akan semakin menambah menarik kaosmu itu. Namun batik dengan teknik colet ini agak susah untuk ditemukan. Biasanya ada pembatik khusus yang memang memproduksi batik dengan teknik colet.

4.      Teknik cap
Membatik dengan teknik cap ini menggunakan canting cap yang timbul dan terbuat dari besi. Sehingga sekali mengecap bisa memenuhi beberapa blok kain. Biasanya yang teknik  cap ini dipakai ketika membuat motif yang berulang seperti motif kuwung. Cara pengecapan yang kain yang akan digunakan untuk membuat batik diletakkan pada bidang datar. Kemudian canting cap dicelupkan kedalam cairan malam dan setelah itu dicapkan keatas kain tersebut. Butuh kesabaran yang lebih untuk membuat batik dengan teknik cap ini. Jika salah memposisikan canting cap maka hasilnya bisa jadi tidak simetris. Namun dengan cara ini juga produksi bisa lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan teknik membatik tulis.

5.      Teknik print kain
Berkat kecanggihan teknologi saat ini, produksi batik bisa dibuat dalam jumlah yang banyak dalam waktu yang singkat. Batik dengan teknik print kain ini merupakan teknik permbuatan batik yang menggunakan alat print kain. Karena proses produksinya yang efisien dan cepat maka dari itu biaya produksi bisa ditekan sehingga harga jualnya dipasaran bisa dibilang murah. Batik-batik yang dijual ditoko biasanya menggunakan teknik print kain. Untuk penggunaan batik sehari-hari, print kain batik bisa menjadi solusi karena selain harganya murah juga tersedia dalam berbagai macam motif.


Saat ini print kain batik menjadi teknik pembuatan batik yang merajai pasaran. Untuk kamu yang juga tidak ingin ketinggalan memiliki koleksi print kain batik, maka kamu bisa memesannya di custom.co.id. Disana kamu bisa print dengan motif batik sesuai dengan yang kamu inginkan. Untuk kamu yang ingin membuat seragam batik dengan motif khusus maka tak perlu repot karena bisa memesannya disana. Dijamin dengan membuat desain batikmu sendiri akan terlihat lebih eksklusif dan tidak pasaran. 

Bagikan

Jangan lewatkan

Berbagai Teknik Membuat Batik
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.